Kajian Waktu Tanam Pada Pola Tanam Tumpangsari Jagung Dan Kacang Tanah

Erse Drawana Pertiwi, Ervina Gosal

Sari


ABSTRAK
Tumpangsari merupakan salah satu bentuk program intensifikasi pertanian alternatif yang tepat untuk melipatgandakan hasil pertanian. Penanaman dengan mengatur waktu tanam akan memperkecil kompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tanam terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman jagung dan kacang tanah. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) satu faktor yaitu waktu tanam, dengan empat taraf dan diulang sebanyak empat kali sehingga terdapat 16 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jagung ditanam 10 hari setelah kacang tanah (W1) memberikan respon terbaik pada variabel tinggi tanaman jagung (265,09 cm pada umur 42 HST), jumlah daun jagung (11,63 helai umur 56 HST), diameter batang jagung (2,23 cm umur 70 HST), berat segar brangkasan jagung (55,75 Kg/Petak), berat kering brangkasan jagung (27 Kg/Petak), bobot kering biji jagung (215,50 gram).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianto. 2014. Pengantar Ilmu Pertanian Agraris, Agrobisnis, Agroindustri, dan Agroteknologi. Global Pustaka Utama. Yokyakarta.

Herlina. 2011. Kajian Variasi Jarak Dan Waktu Tanam Jagung Manis Dalam Sistem Tumpang Sari Jagung Manis Dan Kacang Tanah. http;//www.academia.edu 6446736/Kajian-variasi-jarak-tanam-jagung-manis-dalam-siatem-tumpang-sari-jagung-manis-dan-kacang-tanah.

Jumin. 2010. Dasar – Dasar Agronomi. Rajawali Pers. Jakarta.

PPS Unud. 2010. Pengaruh Jarak Tanam Jagung (Zea mays L.) dan Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Terhadap Hasil Jagung Dan Kacang Tanah Dalam Sistem Tumpangsari Pada Lahan Kering Di Nusa Penida. Program Pasca Sarjana Universitas Udayana. Bali

Reijntjes. C., Haverkort. B dan Bayer. W. 1992. Pertanian Masa Depan. Terjemahan : Sukoco. Y. Kanisius. Yokyakarta.

Rochaeni, S. 2014. Pembangunan Pertanian Indonesia. Graha Ilmu. Yokyakarta.

Suprapto, H. S., Marzuki. 2002. Bertanam Jagung. Penebar Swadaya

Sutanto, R. 2002. Pertanian Organik. Menuju Pertanian Alternatif dan Berkelanjutan. Kanisius. Yokyakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 3 times
PDF - 0 times