Kontribusi Pekerja Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus pada Agribisnis Jagung Hibrida di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo)

Erni Kasim

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kehidupan sosial dan ekonomi pekerja perempuan dan besar kontribusi pendapatan pekerja perempuan terhadap pendapatan keluarga pada Agribisnis Jagung Hibrida di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan, mulai dari Juni sampai Juli 2017, berlokasi di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan populasi 54 dan sampel 54. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif yaitu dengan menggambarkan kehidupan sosial dan ekonomi pekerja perempuan dan kontribusinya terhadap pendapatan keluarga. Hasil yang di peroleh bahwa pendapatan perempuan pada agribisnis jagung hibridadi Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo rata-rata Rp 3,168,333/panen pada skala luas lahan ≤ 0.50 Ha, Rp 7,509,147/panen pada skala luas lahan 0,60 Ha – 1.50 Ha dan rata-rata Rp. 13,205,000/panen pada skala luas lahan ≥ 1.60 Ha dan Kontribusi pendapatan pekerja perempuan terhadap pendapatan keluarga pada kegiatan agribisnis jagung hibrida di Desa Salotengnga Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo sebesar 56.83 % jadi secara langsung sangat membantu suami khususnya dan keluarga umumnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bhguuu

Kata Kunci : Pekerja Perempuan, Pendapatan, Kontribusi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Gany, 2012. Gagasan, Pikiran, dan Harapan Terhadap Pembangunan PertanianIndonesia. Penerbit : Identitas Universitas Hasanuddin, Makassar.

Norcahyono, 2015. Keterlibatan Perempuan Mencari Nafkah Keluarga Dalam Al-Qur’an. Jur Al-Banjari, hlm. 211-222 Vol.14 No. 2.

Sinadia, 2017. Kontribusi Buruh Perempuan terhadap Pendapatan KeluargaStudi Kasus Tempat Pelelangan Ikan di Tumumpa Kota Manado. JurnalAgri-SosialEkonomi Unsrat, ISSN 1907-4298, Volume 13 Nomor 1A.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Administrasi. Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Tristono, 2013. Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Pendapatan dan Efisiensi Usaha Peternak Kelinci di Kabupaten Bayumas. Jurnal Ilmiah Peternakan 1(1):25-30 Purwokerto.

Tuhumury, 2014. Perempuan Pepalele Ikan Sebagai Pencari Nafakah Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumahtangga. Jurnal Agribisnis Vol.2 No. 1 Ambon


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 1 times
PDF - 0 times