Peranan Kelompok Tani Dalam Peningkatan Pendapatan Usahatani Cabai (Studi Kasus Di Desa Abbatireng Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo)

Aslidayanti Aslidayanti

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendekspripsikan peran kelompok tani dalam peningkatan usahatani cabai, menganalisis respon petani terhadap peran kelompok, dan menganalisis anggota kelompok tani dengan menggunakan metode analisis deksriptif. Penelitian ini dilakukan pada Kelompok Tani di Desa Abbatireng Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo yang dipilih karena kelompok tersebut memupuk petani kecil. Semua anggota yang terlibat dalam kegiatan usahatani cabai adalah 29 orang dan mereka terpilih sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kelompok tani dalam memfasilitasi pasar merupakan peran yang dinilai sangat bermanfaat. Keseluruhan respon petani dikategorikan baik dengan nilai pencapain hampir 80%, namun ada kategori respon yang berbeda berdasarkan indikator penilaian petani terhadap peran groun yang dianggap paling tinggi dengan skor 86,67%, partisipasi petani dalam kelompok yang dikategorikan baik dengan nilai prestasi 82,38%, sedangkan penerapan teknologi tergolong cukup baik dengan nilai prestasi 54,02%.

Kata Kunci : Peranan, Kelompok Tani, Pendapatan, Usahatani, Cabai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistika. 2013. Laporan Hasil Sensus Pertanian 2013 (Pencacahan Lengkap). Jakarta

Husni; Hidayah; Maskan. 2014. Analisis Finansial Usahatani Cabai Rawit (Capsium frutescens L) Di Desa Purwajaya Kecamatan Loa Janan. Jurnal AGRIFOR. Volume XIII Nomor 1.

Kementrian Pertanian RI. 2014. Produksi Sayuran di Indonesia, 2011 – 2015 (Online). http://www.pertanian.go.id/ap_pages/mod/datahorti

Saptana; Agustin; Ar-Rozi. 2010. Analisis Efisiensi Teknis Produksi Usahatani Cabai Merah Besar Dan Perilaku Petani Dalam Menghadapi Resiko. Jurnal Agro Ekonomi. Volume 28 No 2.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 2 times
PDF - 0 times