Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Seledri (Apium graveolens L.)

Rahman Hairuddin

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair kotoran kambing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri dan untuk mengetahui perlakuan yang tepat pada penggunaan pupuk organik cair kotoran kambing terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman seledri. Penelitian dilaksanakan di Rumah Anggrek Kampus 2 Fakultas Pertanian Universitas Cokroaminoto Palopo Jalan Lamaranginang, Kelurahan Batupasi Kota Palopo, pada bulan Juli sampai Oktober 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan sehingga terdapat 20 unit percobaan. Taraf perlakuan yang digunakan yaitu : P0=tanpa perlakuan/kontrol, P1=pemberian POC kotoran kambing 200 ml/tanaman, P2= pemberian POC kotoran kambing 250 ml/tanaman, P3=pemberian POC kotoran kambing 300 ml/tanaman, P4=pemberian POC kotoran kambing 350 ml/tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair kotoran kambing berpengaruh nyata untuk parameter tinggi tanaman, namun tidak untuk parameter jumlah daun, jumlah anakan, dan bobot segar. Hal ini diduga dipengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu intensitas cahaya matahari, suhu, tanah, dan curah hujan.

Kata kunci :kotoran kambing, pertumbuhan, poc, seledri.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistika. 2009. Ekspor impor komoditas pertanian 2003-2008. BPS dan Pusat data & informasi, Kementerian Pertanian. Diolah oleh Direktorat Jenderal Hortikultura.

Musnamar, E.I. 2003. Pupuk Organik: Cair & Padat, Pembuatan, Aplikasi. Revisi ke-9. Penebar Swadaya. Jakarta

Suryati, T. 2014. Bebas Sampah Dari Rumah “Cara Bijak Mengolah Sampah Menjadi Kompos dan Pupuk Cair. AgroMedia. Jakarta.

Sukmawati. 2015. Pengaruh Pupuk Organik Dan POC Dari Kotoran Kambing Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica juncea L.). Marawoli. Kabupaten Sigi.

Sutedjo, 1992. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tisdale, S.L dan W.L, Nelson. 1975. Soil Fertility and Fertilizers. Mac Milan Publishing Co.Inc. New York.

Veleslavin, 1996. Kegunaan Tanaman Seledri Sebagai Obat-obatan. Mac Milan Publishing Co.Inc. New York.

Widiastoety, 2004. Pertumbuhan vegetatif. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 2 times
PDF - 0 times