ESTIMASI HARGA OPSI BELI TIPE EROPA UNTUK RETURN SAHAM YANG BERDISTRIBUSI FAT TAIL

Apriyanto Apriyanto

Sari


Banyaknya investor dan besarnya dana investasi menjadi indikator bahwa investasi menjadi pilihan utama dalam pengelolaan keuangan. Opsi merupakan salah satu instrumen derivatif dari investasi finansial yang memberikan hak (bukan kewajiban) kepada pihak pertama (buyer) untuk membeli atau menjual suatu aktiva dari pihak kedua (seller) pada harga dan waktu tertentu. Model yang paling sering digunakan dalam perhitungan harga opsi adalah model Black-Scholes. Salah satu asumsi yang digunakan dalam model Black-Scholes adalah return yang berdistribusi normal. Namun, pada beberapa saham yang diperdagangkan di Indonesia, return-nya berdistribusi fat tail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui performa model Black-Scholes dalam mengestimasi harga opsi beli khususnya tipe Eropa untuk return saham yang fat tail. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian terapan (applied reserach) dengan data kuantitatif. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) mengamati pergerakan saham; (2) mengelompokkan saham-saham yang return-nya berdistribusi fat tail; (3) memodelkan harga saham menggunakan model Black-Scholes; (4) menentukan nilai parameter-parameter; dan (5) Menghitung harga opsi beli. Hasil penelitian yaitu: (1) Penentuan harga opsi beli tipe Eropa untuk return saham yang berdistribusi fat tail dengan menggunakan model Black-Scholes dapat dilakukan dengan mengabaikan asumsi normalitas meskipun simpangan baku yang dihasilkan masih cukup besar; (2) Harga opsi beli tipe Eropa yang dihasilkan sangat bergantung terhadap nilai harga saham awal (S0), asumsi harga kontrak (K), tingkat bunga resiko (r), waktu jatuh tempo (T), dan nilai batas asset (δ).

Kata Kunci: Harga Opsi Beli, Distribusi Fat Tail, dan Model Black-Scholes.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


K. Ahmad, Dasar-Dasar Manajemen Investasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

A. Halim, Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat, 2005.

M. Hanafi, Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE UGM, 2004.

P. Theodossiou and L. Trigeorgis, “Option Pricing When Log Returns are Skewed and Leptokurtic.” 2003.

E. Siswanah, “Perhitungan Harga Opsi Beli Tipe Eropa dengan Menggunakan Pendekatan Distribusi-t,” Universitas Gadjah Mada, 2010.

R. Prajono, “Penentuan Harga Opsi Beli Tipe Eropa dengan Return Aset Berdistribusi Normal Truncated,” Universitas Gadjah Mada, 2003.

F. Black and M. Scholes, “The Pricing of Options Corporate Liabilities,” J. Polit. Econ., vol. 81, pp. 637–654, 1973.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 9 times
Tidak berjudul - 7 times